REMAJA MASJID BESAR AL-FATWA

ANGGARAN DASAR

MUKADIMAH

Dengan rahmat dan ridha Allah SWT:

Bahwa sesungguhnya Allah SWT telah berfirman dalam Al-Qur’an nur karim surah Ali-Imran ayat 103 yang artinya : “Dan berpeganglah kamu dengan tali (agama) Allah dan janganlah kamu bercerai-berai …!”

Dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab pada firman Allah SWT tersebut di atas, maka mutlak diperlukan adanya suatu organisasi untuk menghimpun remaja atau pemuda, khususnya dalam organisasi remaja masjid, yang berorientasi pada nilai-nilai Islam didalam lingkup masyarakat.

Bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Bahwa untuk mencapai dan melaksanakan cita-cita, tekad,  maksud dan tujuan tersebut di atas, maka disusunlah organisasi Remaja Masjid Besar Al-Fatwa dengan Anggaran Dasar sebagai berikut :

BAB I

NAMA, WAKTU DAN TEMPAT

Pasal 1

Organisasi ini bernama Remaja Masjid Besar Al-Fatwa disingkat REMAF

Pasal 2

Organisasi ini dibentuk pada tanggal 25 Maret 1990 bertepatan dengan tanggal 28 Sya’ban 1410 H di Masjid Besar Al-Fatwa Desa Arang Limbung

Pasal 3

Oragnisasi ini berkedudukan di Jalan Adisucipto Km. 12,9 Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Daerah Tingkat II Pontianak

BAB II

AZAZ, MAKSUD, DAN TUJUAN

Pasal 4

Organisasi ini berlandaskan Syariat Islam dan berazaskan Pancasila serta UUD 1945

Pasal 5

Organisasi ini adalah suatu wadah untuk menghimpun para remaja guna membentuk remaja yang bertakwa kepada Allah SWT dan berguna bagi nusa dan bangsa

Pasal 6

Tujuan organisasi ini adalah membentuk para remaja agar menegakkan dan menjungjung tinggi syariat agama Islam, sehingga terwujud lingkungan yang bersih dan berwibawa yang diridhai oleh Allah SWT

BAB III

USAHA

Pasal 7

Untuk mencapai tujuan dan maksud pada pasal 5 dan pasal 6, organisasi ini menyelenggarakan kegiatan usaha, sebagai berikut :

  1. Mengkaji nilai-nilai agama Islam guna memperteguh iman, memperbanyak ibahada serta mempertinggi Akhlaqul Karimah bagi para anggotanya.
  2. Memakmurkan masjid, memelihara tempat ibadah dan wakaf.
  3. Menanamkan kesadaran agar tuntutan dan syariat Islam diamalkan dalam masyarakat serta menumbuhkan dan meningkatkan kekeluargaan diantara Remaja/Pemuda dalam Ukhuwah Islamiyah.
  4. Membina generasi muda Islam.

BAB IV

POKOK-POKOK/SUSUNAN ORGANISASI

Pasal 8

  1. Remaja Masjid Besar Al-Fatwa terdiri dari pengurus inti, seksi-seksi dan anggota.
  2. Remaja Masjid Besar Al-Fatwa berada dibawah naungan Pengurus Masjid Besar Al-Fatwa Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya dan bertanggung jawab moral kepada Pengurus Masjid Besar Al-Fatwa.

Pasal 9

  1. Pengurus Remaja Masjid Besar Al-Fatwa bertugas dalam tiap periode kepengurusan selama 3 tahun.
  2. Periode kepengurusan tidak dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan.
  3. Anggota organisasi ini ialah remaja atau pemuda Islam yang menyetujui dan sanggup melaksanakan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Program Kerja Remaja Masjid Besar Al-Fatwa.
  4. Perubahan susunan pengurus ditetapkan dan diputuskan oleh ketua terpilih dan perangkatnya.

BAB V

SUMBER KEUANGAN

Pasal 10

  1. Sumber keuangan Remaja Masjid Besar Al-Fatwa diperoleh dari iuran dari semua anggota, sumbangan masyarakat yang tidak mengikat dan sumber-sumber lain yang sah dan halal.
  2. Cara memperoleh dan rincian penggunaan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga organisasi ini.

BAB VI

PEMBINAAN

Pasal 11

Pembinaan Remaja Masjid Besar Al-Fatwa dilaksanakan melalui:

  1. Pembinaan oeganisasi yang meliputi : pelatihan kepengurusan, pendataan anggota dan kegiatan-kegiatan lain dalam ruang lingkup koordinasi.
  2. Pembinaan kegiatan-kegiatan pemuda/remaja dalam bidang pendidikan, keagamaan dan social budaya.
  3. Pembinaan akhlak dan mental para anggota yang berorganisasi pada kemajuan organisasi dan kemakmuran masjid.

BAB VII

PENUTUP

Pasal 12

  1. Hal-hal yang belum jelas diatur dalam Anggaran Dasar ini diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.
  2. Anggaran Dasar ditetapkan melalui Musyawarah Anggota.
  3. Anggaran Dasar ini ditetapkan pada 1 Muharram 1428 H dan mulai berlaku sejak ditetapkan.