Ramadhan akan datang. Selayaknya sebagai umat muslim kita memberikan apresiasi untuk datangnya bulan yang suci. Kesucian Ramadhan jangan samapi tercoreng dengan kegiatan-kegiatan yang berbau negative. Banyak cara untuk mengisi Ramadhan kita biar lebih bermakna, hingga semangat Ramadhan selalu menyelimuti walau hingga Ramadhan berakhir.

Remaja Masjid Besar Al-Fatwa memberikan wadah kepada remaja muslim untuk aktif dalam memeriahkan Ramadhan. Walaupun perut sedang kosong, tenggorakan kering, bukan menjadi alas an untuk tidak beraktivitas. Berbagai macam kegiatan telah dipersiapkan Remaja Masjid Al-Fatwa yaitu:

1.      Kantin Ramadhan

Pendirian Kantin Ramadhan memang merupakan kegiatan aktif selama bulan Ramadhan. Satu bulanan kantin berdiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh makanan untuk buka puasa yang halal dan murah. Tidak hanya itu, kantin Ramadhan berdiri untuk membantu masyarakat kecil yang memiliki usaha pembuatan kue untuk tetap berjualan. Kantin Ramadhan ini juga sebagai salah satu jalan untuk menambah income REMAF. Yang mana dialokasikan untuk kas dan kegiatan positifnya. Dengan kata lain, masyarakat yang membeli dapat langsung berinfaq.

 

2.      Buka Puasa Bersama

Kegiatan yang satu ini juga menjadi agenda tahunan. Mengumpulkan masyarakat para jamaah masjid untuk menjalin silahturahmi dan semakin mempererat persatuan sesam muslim merupakan landasan untuk menjalankan kegiatan ini. Tak hanya jamaah, anak-anak Yatim Piatu juga menjadi bagian dalam kegiatan ini.

 

3.      Nuzulul Qur’an

Peringatan turunnya Al-Qur’an ini tak pernah absen dalam rangkaian kegiatan. Melaksanakan Ceramah Agama merupakan acara inti dari kegiatan ini. Tak lain untuk mempertebal iman dari jamaah.

 

4.      Tadarussan

Belajar mengaji dan mengkaji yang biasanya menjadi agenda rutin Remaf juga menjadi bagian dari kegiatan. Kegiatan yang dimulai setelah Shalat tarawih ini, diikuti oleh seluruh anggota Remaja Masjid Besar Al-Fatwa.

 

5.      Pelatihan Kepemudaan

Pelatihan ini akan dititik pusatkan pada Anggota REMAF yang baru terdaftar dalam penerimaan Tahun 2009. Di dalamnya terdapat teori dan praktek untuk meningkatkan kualitas sebagai pemuda muslim